News Update : Harga bawang putih naik derastis dari Rp 30.000 jadi Rp 70.000/Kg di Kupang


ArenaDominoQQ - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kota Kupang merangkak naik hingga menembus Rp 70.000 per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 30.000 per kilogram.

Seorang pedagang bawang putih di Pasar Kasih Naikoten I Kota Kupang, Indari mengatakan, kenaikan itu dipicu minimnya pasokan salah satu jenis bumbu dapur itu yang saban waktu diperoleh dari Surabaya Jawa Timur. "Sudah beberapa waktu terakhir ini pasokannya mulai berkurang," katanya seperti dikutip dari Antara.

Karena pasokan berkurang, para pedagang harus mengeluarkan kocek lebih membelinya dari sejumlah pemasok dan distributor. Jika kondisi pasokan ini terus berkurang maka dikhawatirkan harga akan terus naik jelang hari raya Idul Fitri. "Ya saya kira jika pasokan stok terus berkurang maka tentu harga akan terus merangkak naik," katanya.

Indari berharap kondisi minimnya pasokan bawang putih itu bukan karena kesengajaan oknum distributor untuk kepentingan menaikkan harga jual bawang tersebut. "Saya berharap ini bukan bagian dari upaya sengaja untuk penimbunan," katanya.

Pemerintah diminta untuk melakukan sidak, agar bisa diketahui sebab minimnya bawang putih di pasaran itu. "Kalau bawang merah aman. Bawang putih ini yang paerlu dicari tahu masalahnya," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Kupang Yeri Padji Kana mengaku sedang menerjunkan tim khusus untuk melakukan pengecekan kondisi pasokan bawang putih di lapangan. Jika terdapat upaya penimbunan maka oknum pedagang atau distributor itu akan langsung dikenakan sanksi sesuuai ketentuan yang ada.

Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Bulog NTT, Minggus Foes mengatakan, Perum Bulog sudah mendatangkan bawang putih dan bawang merah untuk mengekang kenaikan harga selama Ramadan ini dan Idul Fitri nanti.

Bawang yang dipasok dari Surabaya itu berjumlah tiga ton untuk bawang merah dan bawang putih sebanyak dua ton.

Bumbu dapur penting yang dipasok dari Surabaya itu akan dijual di pasaran dengan harga eceran tertinggi masing-masing bawang putih Rp 38.000 per kilogram dan bawang merah Rp 30.000 per kilogram.

# ArenaDomino
# ArenaDominoQQ
# Domino Online
# Poker Online
# Agen Poker
# Poker Uang Asli


Share on Google Plus

About Arena_Domino

Berita Yang Di Update Di Sini Adalah Berita Yang Benar-Benar Dapat Di Percaya, Dan Tidak Mengandung Unsur Pidana / Rekayasa, Yang Di Anut Oleh UU 1945 !

3 comments :